Kenali Penyakit Ambeien Secara Dini

Sponsored Link:
Penyakit ambeien atau biasa disebut juga dengan wasir adalah penyakit yang terjadi pada daerah anus manusia. Secara anatomi, ambeien bukanlah penyakit, tetapi suatu keadaan dimana terjadi perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah di anus. Pembuluh-pembuluh darah tersebut dan juga jaringan sekitarnya mengalami pembengkakan dan pelebaran.

Bantalan pembuluh-pembuluh darah tersebut berfungsi sebagai katup dimana katup tersebut membantu otot-otot anus menahan fases. Jika ada suatu gangguan pada katup atau pembuluh-pembuluh darah tersebut, maka akan terjadi ambeien seperti yang sudah dijelaskan tadi, dan tentu saja itu akan menimbulkan rasa sakit.

Penyakit Ambeien

Penyakit Ambeien

Ambeien pun bisa mengalami peradangan yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah, pendarahan, serta membesar dan menonjolnya ambeien keluar. Ambeien atau wasir yang berada didalam, disebut wasir dalam, sedangkan yang menonjol sampai keluar anus disebut wasir luar.

Pada kenyataannya, banyak aktivitas-aktivitas atau kegiatan kita sehari-hari yang memicu terjadinya penyakit ambeien atau wasir ini. Biasanya, ambeien terjadi karena kita memaksa terlalu keras pada saat buang air besar. Faktor kehamilan, usia lanjut, terlalu sering duduk, serta susah buang air besar bisa meningkatkan kemungkinan untuk terkena ambeien.

Wanita lebih rawan terkena ambeien daripada pria, itu dikarenakan wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh vena pada saat menstruasi atau hamil. Ada beberapa gejala-gejala atau cirri-ciri awal pada ambeien yang bisa kita ketahui, diantaranya adalah darah pada tinja, rasa sakit, dan juga gatal pada daerah anus.

Pada dasarnya, ambeien mempunyai perbedaan tingkatan, mulai dari ambeien stadium 1 hingga stadium 4. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati penyakit ambeien itu sendiri. Mulai dari pengobatan dari dokter, herbal, hingga yang alternatif dan bersifat terapi pun ada. Untuk ambeien stadium 1 dan 2, pengobatan yang bersifat ringan pun sudah bisa menghilangkan ambeien itu sendiri. Seperti pola hidup sehat, banyak makan makanan yang mengandung serat serta makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar, seperti agar-agar.

Olahraga yang teratur pun juga bisa mengatasi ambeien, namun bukan olahraga yang berat dan usahakan olahraga yang dapat membantu meregangkan otot-otot. Yang terakhir bisa langsung menggunakan obat-obatan yang kimia maupun herbal, seperti kulit manggis.

Tetapi untuk stadium 3 sampai 4, biasanya memang harus dilakukan pemusnahan pada ambeien itu sendiri, seperti operasi pemotongan ambeien, karena memang kondisinya sudah terbilang parah. Oleh karena itu, ada baiknya kita kenali penyakit ambeien secara dini agar kita bisa mencegahnya.
Sponsored Link:
DMCA.com
Judul: Kenali Penyakit Ambeien Secara Dini Rating: 4.5 Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kenali Penyakit Ambeien Secara Dini

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy
Themes by Bamz